Garvalo.com: Bagaimana Cara?

Bagaimana Cara Tepat Memperbaiki AC Mobil yang Tidak Dingin dengan Mudah?

Bagaimana Cara Tepat Memperbaiki AC Mobil yang Tidak Dingin dengan Mudah? – Bagi Anda yang memiliki mobil pasti pernah mengalami kepanasan di dalam mobil yang dikarenakan oleh AC mobil rusak. Nah, berikut ini adalah beberapa cara singkat tentang cara kerja AC mobil, penyebab AC mobil rusak atau kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali, dan bagaimana cara memperbaiki AC mobil yang tidak dingin.

Cara Kerja AC, Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Mobil yang Tidak Dingin

Memahami Cara Kerja AC Mobil

AC pada mobil sebenarnya mirip dengan kulkas, hanya saja tampilannya yang berbeda. AC mobil memiliki fungsi untuk memindahkan suhu panas dari dalam mobil ke luar.

Komponen Utama AC Mobil

Pada AC mobil tersebut memiliki komponen utama, yaitu:

  • Kompresor, memiliki tugas untuk mengkompresi dan mensirkulasi zat pendingin pada AC.
  • Freon, tugas freon adalah untuk menghilangkan suhu panas di dalam mobil.
  • Kondensor, lalu tugas kondensor ini merubah bentuk freon dari gas menjadi cair yang memiliki manfaat untuk menghilangkan hawa panas.
  • Katup expansi, berfungsi untuk menurunkan tekanan cairan freon, mengukur alirannya, dan mengatomisasinya. Katup expansi ini seperti pentil.
  • Evaporator, dapat mendinginkan suhu udara dengan cara disemburkan sehingga suhu pun menjadi dingin.
  • Receiver atau dryer, memiliki fungsi sebagai filter freon untuk menghilangkan kelembaban serta kotoran lainnya.

Untuk cara kerja AC mobil ini yaitu komponen yang disebut kompresor akan menekan freon lalu mengirimkan pada sirip pengembun yang terletak pada bagian depan radiator mobil. Dengan menekan gas akan membuatnya menjadi panas, pada kondensor ini panas akan meningkat, lalu panas tersebut akan ditangkap oleh freon dan dikeluarkan ke udara luar.

Ketika suhu freon menurun ke titik saturasinya, maka akan berubah wujud dari gas menjadi cair. Cairan tersebut akan dialirkan melalui katup expansi menuju evaporator yang kemudian cairan freon akan menyerap panas melalui siri-sirip dan menguapkannya. Kemudian, blower AC akan meniupkan udara yang dingin menuju interior mobil.

Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Mobil yang Tidak Dingin

Mungkin saja banyak sekali artikel yang membahas bagaimana cara memperbaiki AC mobil yang tidak dingin maupun kurang dingin. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda melakukan cara berikut ini untuk memperbaikinya.

Cara untuk memperbaiki AC Mobil menurut penyebabnya yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Freon Bocor

Kebocoran pada freon sangat mudah untuk dideteksi, akan tetapi tidaklah mudah untuk diperbaiki. Maksudnya, Anda harus membongkarnya untuk bisa memperbaiki freon yang bocor. Untuk mendeteksinya, Anda bisa membeli cairan pewarna khusus di toko suku cadang, kemudian bisa ditambahkan ke dalam sistem untuk mendeteksi kebocoran.

Namun, jika terdapat kebocoran yang cukup besar, maka sistem tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk bekerja. Carilah pentil pada bagian bawah, lalu periksa tekanannya.
Ingat! jangan gunakan alat apapun untuk menusuk pentil dalam melakukan pengecekan apakah ada gas yang keluar. Itu sangat tidak disarankan.

Memastikan Kompresor Berputar dengan Baik

Dalam melakukan pengecekan kompresor berputar dengan baik atau tidak, maka Anda bisa menyalakan mesin mobil dan AC. Nah, kompresor AC pada mobil ini biasanya berbentuk seperti pompa yang pada sisinya terdapat slang besi dan karet yang menuju kepadanya. Mungkin saja tidak ada penutupnya, hanya ada dua katup berbentuk pentil. Puli pada bagian depan kompresor merupakan puli bagian luar dan sambungan bagian dalam yang akan berputar pada saat AC dinyalakan.

Kompresor tidak berputar akan ditandai dengan AC dan blower menyala tapi pada bagian tengah dari puli tidak berputar. Hal ini biasanya terjadi diakibatkan oleh putus sekring, masalah kabel, switch AC yang rusak, dan sistem kekurangan feon. Sistem tersebut akan memutuskan arus ketika freon tidak cukup.

Apakah ada udara dingin yang keluar

Ketika AC dinyalakan dan terdapat udara dingin yang keluar tapi sedikit, maka Anda cukup untuk menambahkan freon untuk mengatasi AC mobil yang tidak dingin. Namun, dalam pengisian freon usahakan sesuai dengan takarannya. Karena jika mengisi freon terlalu banyak akan menyebabkan kurang dingin.

Nah, itulah beberapa cara singkat yang bisa Anda lakukan dalam memperbaiki AC Mobil yang tidak dingin. Kami berharap apa yang kami tulis di atas bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini yah……..

       

Add comment