Membuat Web atau Blog Masuk Halaman Pertama Google dengan SEO

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Salah satu strategi dalam dunia bisnis online adalah dengan menggunakan SEO. SEO bisa diartikan sebagai pasukan khusus yang siap mengantarkan website Anda masuk halaman pertama di google dan mengalahkan semua kompetitor Anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa SEO itu terbagi menjadi 2 (dua) yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Lalu apa sih perbedaan dari kedua SEO tersebut? Mari kita simak perbedaannya.

SEO On Page

Pengertian SEO On Page

SEO On Page merupakan jenis SEO yang berfokus dalam mengoptimasi sebuah halaman website kita. Dengan kata lain, kita akan mengoptimalkan terlebih dahulu urusan internal website kita, jadi kita jangan dulu memikirkan urusan diluar website. Jika urusan internal website telah benar-benar bisa dikatakan optimal, maka barulah kita menggunakan jenis SEO Off Page.

Metode SEO ON Page

Ada beberapa jenis metode SEO On Page yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi website kita, diantaranya:

Nama Website atau Blog

Sebuah penamaan website atau blog ini merupakan sebuah faktor penting yang harus kita perhatikan dalam mengoptimasi sebuah situs website. Dalam memilih nama website, haruslah mengandung kata kunci yang Anda bidik. Contohnya, blog kita tentang bisnis online, maka nama website Anda harus mengandung kata kunci “bisnis online”. Misalnya, “Rahasia Sukses Bisnis Online” atau nama lainnya yang mengandung kata kunci tersebut.

Lihat pada gambar di atas, situs ini memiliki nama website “Panduan Cara Garvalo”. Disini Saya membidik kata kunci panduan cara, karena situs ini merupakan situs yang berisi panduan cara tentang melakukan berbagai macam hal. Oleh sebab itu, penamaan website yang mengandung kata kunci itu sangatlah penting untuk bisa masuk ke halaman pertama google.

Baca juga ::   Cara Membuat Halaman Privacy Policy Untuk Blogger Dan Wordpress

Deskripsi Halaman Website

Selain penamaan website, deskripsi website pun sangatlah penting dalam optimasi SEO On Page. Dengan adanya deskripsi pada sebuah website, maka akan dapat memudahkan mesin pencari dalam mengindex website kita nantinya. Oleh karena itu, website kita haruslah memiliki deskripsi halaman website.

Penempatan Kata Kunci di Halaman Website

Penempatan kata kunci pada halaman website juga sangat penting untuk kita kelola dengan baik, apalagi ketika kita membuat sebuah artikel, maka kita harus menaruh kata kunci pada tempat yang tepat. Jangan sampai kita menempatkan kata kunci secara sembarang. Artikel kita harus enak untuk dibaca dan juga mudah untuk dipahamioleh pengunjung blog atau website kita.

Kita bisa lihat pada artikel yang ada pada blog terkenal, yang sebagai contoh mereka menempatkan kata kunci di paragraf pertama dengan penempatan yang tepat. Anda bisa menirunya pada website Anda. Usahakan untuk menempatkan kata kunci yang Anda bidik pada setiap paragraf artikel. Jangan lupa juga agar judul artikel mengandung kata kunci juga yah.

Permalink (Struktur Alamat URL)

Permalink juga tidak kalah pentingnya dalam optimasi SEO On Page. Permalink atau alamat URL website Anda haruslah mengandung kata kunci juga agar memudahkan mesin pencarian nantinya. Contohnya, Anda membuat artikel tentang “Cara membuat website dengan mudah”, maka URL artikel Anda adalah www.garvalo.com/2017/04/cara-membuat-website atau www.garvalo.com/2017/04/cara-membuat-website-dengan-mudah

Internal Linking

Ketika membuat sebuah artikel, maka Anda jangan lupa untuk membuat internal linking yang menuju ke artikel yang berkaitan lainnya atau memiliki topik yang sama. Hal ini sangat terbukti jitu dalam mengoptimasi situs website.

Baca juga ::   Free Download Expired Domain Sniffer 4.2

Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading website juga memiliki peranan penting dan termasuk ke dalam optimasi SEO On Page. Mungkin Anda juga pernah membuka sebuah website yang memiliki loading yang lambat. Dan Anda tahu akibatnya apa yang terjadi? Ya, pengunjung menutup website Anda dan mencari website lain. Oleh karena itu, kecepatan loading pun sangatlah penting. Anda bisa memilihi themes atau template blog yang responsive dan memiliki kecepatan loading yang baik.

 SEO OFF PAGE

Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page merupakan sebuah strategi yang lebih luas dari SEO On Page. SEO Off Page ini tidak hanyamelibatkan halaman website Anda saja, melainkan melibatkan website atau blog lain untuk mendapatkan backlink.

Backlink merupakan sebuah link dari halaman website lain yang menuju ke website kita. Oleh karena itu, jika Anda ingin berhasil dengan SEO Off Page, maka Anda harus mendapatkanbacklink yang berkualitas dari berbagai situs. Semakin berkualitas backlink yang Anda dapatkan dan semakin banyak backlink, maka semakin tinggi dan semakin kuat posisi website Anda di mesin pencarian.

Apa Manfaat SEO Off Page?

Selain memperkuat posisi website Anda di mesin pencarian, SEO Off Page juga memiliki manfaat lain, seperti meningkatkan pagerank website Anda dan meledakan pengunjung atau trafik website Anda.

Penerapan SEO Off Page

Strategi SEO Off Page yang Saya akan bagikan kali ini merupakan kumpulan teknik SEO Off Page sederhana dan Anda bebas memilih teknik mana yang akan Anda pilih untuk mengoptimasi website Anda.

Berkomentar di Blog Orang Lain. Salah satu strategi SEO Off Page, yaitu dengan melakukan komentar pada situs lain dan menyisipkan link website Anda pada komentar tersebut. Tapi, jangan lupa untuk berkomentar sesuai dengan isi artikel situs tersebut agar komentar Anda tidak dianggap sebagai SPAM nantinya. Carilah blog atau situs yang memiliki tema yang sama dengan blog Anda atau artikel Anda dan carilah blog atau situs yang memiliki pagerank tinggi agar Anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas.

Baca juga ::   Beberapa Istilah Dalam Google Adsense Yang Harus Anda Ketahui

Dummy Blog. Selain dengan berkomentar pada blog lain, Anda juga bisa mendapatkan backlink dari dummy blog. Dummy Blog merupakan Blog Boneka yang dapat memberikan backlink pada website utama Anda. Untuk membuat dummy blog tersebut Anda bisa memanfaatkan fasilitas blog gratisan, seperti blogger.com, wordpress.org, dan lainnya.

Untuk membuat Dummy Blog, maka Anda bisa mengikuti tips di bawah ini:

  • Buatlah 5 Dummy Blog dari platform yang berbeda-beda. Bisa membuatnya dari blogger.com, wordpress.org, joomla, atau yang lainnya.
  • Isi Dummy Blog tersebut dengan topik yang sama seperti website utama. Jadi, jika Anda memiliki website utama dengan topik kesehatan, maka isilah artikel pada dummy blog dengan topik yang sama yaitu tentang kesehatan.
  • Jangan Copy Paste Artikel pada Dummy Blog Anda. Artikel Anda haruslah buatan Anda sendiri, tetapi kualitasnya tidak perlu sebaik blog utama.
  • Mengupdated secara rutin Dummy Blog. Anda harus mengupdate secara rutin artikel dummy blog Anda dan jangan lupa untuk mananamkan backlink yang mengarah ke artikel blog utama.

Itulah Cara Membuat Web atau Blog Masuk Halaman Pertama Google dengan SEO yang bisa Anda terapkan pada website Anda saat ini. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply