Garvalo.com: Bagaimana Cara?

Mengatasi Bayi Cegukan

Mengatasi bayi cegukan – Seperti yang kita ketahui bahwa Cegukan memiliki suara yang khas yaitu “hik”. Semua orang pasti pernah mengalaminya, baik dari mulai anak-anak sampai dengan orang dewasa. Cegukan ini datang mungkin hanya sebentar saja lalu menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi bagaimana jika cegukan pada bayi, apakah cegukan ini bisa berbahaya bagi bayi tersebut?

Bayi yang berusia di bawah 1 (satu) tahun memang sangat rentan untuk mengalami cegukan, bahkan bayi bisa mengalami cegukan pada saat di dalam rahim. Cegukan memang sesuatu yang dikatakan normal dan tidak berbahaya tapi bisa sangat mengganggu. Namun, Ayah Bunda mesti perlu hati-hati, karena cegukan memiliki penyebab yang bisa dikatakan serius. Oleh karena itu, yuk kita simak apa saja yang menjadi penyebab dan cara mengatasi cegukan pada bayi.

Penyebab Bayi Cegukan

Cegukan ini muncul pada saat otot-otot pada diafragma yang tiba-tiba berkontraksi yang dipicu oleh iritasi atau stimulasi pada otot. Menurut beberapa dokter spesialis anak mengemukakan bahwa penyebab cegukan pada bayi itu biasanya disebabkan oleh aktivitas makan atau minum pada bayi tersebut. Contohnya, seperti menyusui ASI, susu formula atau makanan yang lainnya. Ada juga penyebab lain selain makanan atau minuman, yaitu karena penurunan suhu yang mendadak pada bayi, seperti mandi air dingin atau terkena udara dingin.

Cegukan pada bayi memang tidak berbahaya, tapi jika cegukan tersebut dapat mengganggu makan dan tidur pada bayi maka itu bisa dikatakan cegukan yang parah.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan

  • Saat bayi sedang menyusu, maka jagalah kepala bayi agar tetapi lebih tinggi dari perut si bayi. Tapi jangan sampai menekuk pada lehernya.
  • Buat bayi bersendawa setelah selesai menyusu, tapi jika bayi tidak bisa segera bersendawa, maka kamu bisa merangsangnya untuk bersendawa dengan menepuk bagian punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya. Lakukan hal tersebut sampai 2 menit sampai bayi bisa bersendawa.
  • Janganlah memberi bayi makan atau minum selama bayi mengalami cegukan, tunnggulah sampai bayi tenang.
  • Hidari cara mengatasi cegukan pada bayi seperti membuat bayi kaget, menekan bola mata bayi, mendorong ubun-ubun bayi atau menarik lidah bayi.

Itu Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Bayi yang wajib ayah bunda ketahui. Semoga bermanfaat!

       

Add comment