Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Mudah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kutu kucing merupakan salah satu parasit yang hidup dari menghisap darah. Meskipun demikian, kutu kucing ini relatif tidak berbahaya jika dibandingkan dengan kutu tikus, karena jarang membawa agen penyakit.  Seperti kutu lainnya, kutu kucing ini memiliki bentuk tubuh yang pipih vertikal dan berwarna cokelat kemerahan atau ada juga yang berwarna cokelat kehitaman. Kutu kucing ini tidak memiliki sayang, akan tetapi memiliki kaki belakang yang sangat kuat, sehingga mampu melompat dan berlari melewati rambut pada permukaan tubuh kucing. (Diulas dari Wikipedia).

Meskipun kutu kucing tidak dikategorikan berbahaya seperti kutu tikus, akan tetapi gigitan kutu kucing dapat menyebabkan alergi pada kucing yang sering ditandai dengan rasa gatal, perubahan warna kulit menjadi kemerahan, dan pada daerah sekitar gigitan tersebut akan menyebabkan penipisan pada rambut kucing.  Nah, jika kita biarkan maka kutu kucing akan menjadi perantara cacing pita, sehingga kucing yang menjadi inangnya akan ikut terinfeksi oleh cacing pita tersebut.

5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Untuk itu, jika kucing kamu telah terserang oleh kutu maka kamu dapat mengikuti cara di bawah ini untuk menghilangkannya.

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Sampo Khusus Anti Kutu

 

Mandi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan pada kucing kesayanganmu. Manfaat dari memandikan kucing tersebut bukan hanya untuk memberikan efek bersih saja, akan tetapi dapat mencegah atau mengusir kutu pada kucing. Namun, agar lebih maksimal dalam membasmi kutu kucing, maka gunakanlah sampo khusus anti kutu secara rutin atau bisa sebulan sekali.

Baca juga ::   Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Minyak Telon

Ternyata minyak telon bukan hanya bermanfaat untuk si kecil saja akan tetapi minyak telon juga dipercaya ampuh dalam mengusir kutu kucing. Caranya pun sangat mudah sekali, kamu tinggal mengusapkan minyak telon pada bagian tubuh kucing yang banyak kutunya. Namun, jangan gunakan minyak telon terlalu banyak agar sewaktu si kucing menjilat tubuhnya tidak sampai terkena ke bagian yang telah diolesi oleh minyak telon tadi.

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Menyisir Rambut Kucing

Menyisir rambut kucing bukan hanya dapat membuat rambut kucing menjadi bagus saja, akan tetapi dapat juga mencegah atau menghilangkan kutu pada kucing. Oleh karena itu, kamu wajib menyisir rambut kucing secara teratur agar kutu kucing tidak balik lagi menyerang kucing kesayanganmu.

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Air Cuka

Air cuka juga dipercaya dapat membasmi masalah kutu kucing loh catlovers. Kamu bisa mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 50:50 atau secara seimbang, kemudian hangatkan dengan menggunakan api sedang. Setelah itu kamu siapkan semprotan yang biasa digunakan untuk memandikan burung, lalu masukan hasil campuran yang telah dihangatkan tadi ke dalam semprotan. Cara pengobatannya, kamu tinggal semprotkan ke bagian tubuh kucing yang ada kutunya. Namun, kamu harus hati-hati saat menyemprotkan cuka tersebut jangan sampai mengenai mata si kucing apalagi masuk ke dalam telinga.

Baca juga ::   Merawat Burung Lovebird Agar Gacor dan Ngekek Panjang

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Vaksin Lvermectin

Kamu juga dapat menggunakan vaksin Lvermectin untuk menghilangkan kutu pada kucing. Akan tetapi, dalam penggunaan vaksin tersebut, kamu harus berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutu pada kucing. Jika kutu masih nakal tidak ada salahnya kamu bawa ke dokter. Hehehe…..

Share.

Leave A Reply