Membuat Pempek Lezat Anti Gagal

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
Pasti tahu kan apa itu pempek? pempek merupakan kuliner khas dari kota Palembang yang terkenal dengan rasnya yang gurih dan juga lezat. Namun, dalam mengolah pempek itu tidak semudah yang kita bayangkan. Karena dalam membuatnya akan melalui beberapa prses dan juga ada trik khusus yang harus kamu lakukan agar mendapatkan tekstur dan rasa pempek yang sempurna.

Seperti diulas dari buku 40 varasi resep pempek, otak-otak, siomay dan batagor karangan Dina Novita. Berikut ini merupakan tips ampuh dalam membuat pempek yang sempurna.

Memilih Bahan

Bahan utama dalam membuat pempek itu adalah ikan tenggiri. Maka kamu wajib menggunakan ikan tenggir yang masih segar, karena semakin segar ikan tenggiri tersebut, maka aroma dan rasa yang dihasilkan akan semakin baik. Begitu juga dengan bahan lainnya, gunakanlah dengan bahan yang segar.

Menghaluskan Ikan

Untuk menghaluskan ikan tenggiri, kamu bisa menggunakan food processor atau bisa juga menggunakan blender. Potong daging ikan tenggiri yang durinya telah kamu buang sebelumnya dengan ukuran yang kecil untuk memudahkan dalam proses penghalusan. Lakukanlah proses penghalusan in tanpa menggunakan air.

Tepung

Dalam membuat pempek yang sempurna maka kamu harus menggunakan tepung sagu. Pilihlah tepung sagu yang ada di dalam kemasan untuk menghindari bau apek dan jugu kutu pada tepung. Jangan terlalu banyak namun kamu harus menyesuaikannya agar tidak membuat pempk menjadi keras nantinya.

Membuat dan Membentuk Adonan

Dalam membuat adonan pempek tidak mesti sampai kalis. Cukup campukan bahan dan tepung hingga merata agar hasilnya tidak kenyal. Sebaiknya, dalam membuat adonan kamu menggunakan spatula dan ketika hendak membentuknya gunakanlah tepung sagu untuk melumuri tanganmu agar pada saat proses pembentukan tidak lengket.

Merebus dan Menggoreng Adonan

Didihkan air sebelum membentuk adonan pempek dan jangan lupa tambahkan sedikit minyak goreng. Sehingga pada saat adonan telah terbentuk dapat langsung direbus. Rebslah adonan pempek pada api sedang dan air yang banyak hingga pempek mengambang. Dan khusus untuk pempek model kapal selam bisa membutuhkan waktu yang agak lama agar telur di dalmnya bisa matang.

Saat melakukan pengorengan gunakanlah minyak yang banyak dan api sedang agar adonan tersebut bisa matang dengan sempurna. Dan jangan lupa sebelum kamu menggoreng adonan, usahakan untuk meletakan adonan tersebut pada suhu ruang, agar teksturnya menjadi smpurna.

Mudah bukan, ladies? Jangan lupa luangkan waktumu sejenak untuk share artikel ini yah. Terima Kasih.

Image source: pempek selamat
Baca juga ::   Membuat Masakan Sambal Dabu-Dabu Manado yang Lezat
Share.

Leave A Reply