Garvalo.com: Bagaimana Cara?

Mengetahui Istilah Dalam Google Adsense Yang Harus Anda Ketahui

Istilah dalam google adsense sangat penting Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar menjadi publisher adsense. Istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:

Penayang Adsense (Publiser Adsense)

Penayang Adsense merupakan seseorang atau pemilik situs yang telah mendaftar dan telah disetujui untuk menayangkan iklan Google Adsense di situsnya.

Beberapa Istilah Dalam Google Adsense Yang Harus Anda Ketahui
Image Copyright: Pixabay

Unit Iklan (Ad Units)
Unit iklan merupakan salah satu jenis iklan yang disediakan oleh Google Adsense. Unit iklan ini terdiri dari beberapa jenis dan juga ukuran seperti iklan teks dan iklan gambar. Pada saat pengunjung situs Anda mengeklik iklan dan klik tersebut valid, maka penayang adsense akan mendapatkan penghasilan dengan harga per klik atau disebut nilai CPC (Cost Per Click).

Unit Tautan (Link Units)
Unit tautan ini hampir sama seperti dengan unit iklan. Tampilan iklannya mirip dengan format menu pada sebuah situs. Namun, yang membedakan unit tautan dengan unit iklan adalah arah dari tujuan pada saat pengunjung mengeklik iklan tersebut. Unit tautan terbukti dapat menghasilkan penghasilan yang lebih banyak dibandingkan dengan unit iklan.

Adsense Untuk Konten (Adsense For Content)

Adsense untuk konten merupakan iklan adsense yang dipasang pada suatu halaman situs. Iklan yang muncul pada situs tersebut merupakan iklan yang berhubungan dengan isi dari artikel halaman tersebut dengan menggunakan istilah kontekstual. Jenis unit iklan dan unit tautan termasuk ke dalam Adsense untuk konten.

Iklan Alternatif (Alternate Ads)
Iklan alternatif ini muncul ketika stok iklan yang berhubungan dengan halaman situs telah habis dan google akan menampilkan iklan layanan masyarakat atau PSA (Public Service Ads). Jika pengunjung mengeklik iklan layanan masyarakat ini, maka tidak akan menghasilkan pemasukan bagi penayang. Karena, iklan tersebut bertipe donasi.

Akan tetapi, penayang dapat menampilkan iklan alternatif agar tetap mendapatkan pemasukan yaitu dengan melakukan penyetingan terhadap unit iklan dengan menggunakan iklan alternatif. Nah, jika jenis unit iklan tidak muncul maka iklan yang muncul merupakan jenis iklan alternatif yang telah Anda setting sebelumnya.

Adsense Untuk Penelusuran (Adsense For Search)

Selain menampilkan iklan, penayang juga dapat menampilkan kotak penelusuran di situsnya yang dinamakan dengan Adsense untuk penelusuran. Jika ada pengunjung yang melakukan dengan kotak penelusuran, maka pengunjung akan diarahkan ke halaman pencarian yang terdapat iklan di dalamnya.

Referrals
Referrals merupakan salah satu sumber penghasilan bagi penayang di dunia Adsense. Namun, jenis iklan referrals ini berbeda dengan jenis iklan lainnya. Dalam praktinya, penayang akan mendapatkan penghasilan jika pengunjung yang mengeklik iklan telah melakukan tindakan tertentu seperti membeli produk yang diiklankan.

Saluran (Channels)
Dengan saluran ini penayang akan dimudahkan dalam menganalisa kerja Adsense mereka. Karena setiap jenis iklan dapat dikelompokan berdasarkan saluran yang telah Anda tentukan.

Page Impressions
Page Impressions merupakan jumlah yang menunjukan beberapa kali halaman situs yang mengandung iklan dilihat oleh pengunjung. Namun, nilainya tidak terpengaruh oleh jumlah unit iklan yang dipasang pada halaman situs tersebut.

Clicks
Clicks merupakan jumlah klik pada saat pengunjung mengeklik iklan pada halaman situs penayang. Jumlah clicks ini Anda bisa melihatnya pada halaman laporan di Adsense.

CTR (Click Through Rate)
CTR merupakan sebuah perbandingan dalam persen antara jumlah klik pada unit iklan dengan jumlah tampilan unit iklan tersebut. Contohnya, satu unit iklan yang tampil sebesar 50 kali dan klik iklan sebesar 20 kali maka CTR sebesar 4% (20:50).

CPC (Cost Per Click)
CPC merupakan jumlah penghasilan kyang didapatkan oleh penayang apabila unit iklan tertentu diklik oleh pengunjung. Nilai CPC pada setiap jenis iklan berbeda-beda yang ditentukan oleh berbagai faktor, seperti kinerja penayangan dan kualitas situs penayang tersebut.

eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) merupakan hasil pembagian antara jumlah pendapatan penayang dengan jumlah page impression (per seribu) yang didapatkan dari munculnya iklan pada situsnya. Contohnya, penayang yang menghasilkan $300 dari 60.000 impression maka nilai CPM sebesar $3 (300/60).

Itulah artikel singkat yang bisa saya share untuk Anda semua mengenai Beberapa Istilah Dalam Google Adsense Yang Harus Anda Ketahui

       

Add comment