Mengetahui Penyebab Komputer Tiba-tiba Mati Sendiri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pernahkah Anda mengalami saat sedang menggunakan komputer tapi tiba-tiba mati dengan sendirinya. Masalah tersebutlah yang sering dialami oleh para pengguna komputer. Lalu apa penyebab komputer sering mati sendiri? Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab komputer kita mati secara mendadak, hal ini tentu sangat mengganggu kerja kita ketika menggunakan komputer.

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri

1. Processor Overheat

Prossesor yang mengalami overheat atau panas hingga mencapai 60 derajat Celsius maka akan membuat komputer atau laptop Anda mati dengan sendirinya, hal itu bisa dipicu karena penggunaan komputer terlalu lama dan beresiko pada kerusakan komputer. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pasta khusus sebagai pendingin pada processor komputer Anda.

2. Power Supply Lemah/Rusak

Komputer Anda akan mati secara mendadak pada saat pasokan listrik untuk komputer menurun secara tiba-tiba. Hal itu diakibatkan karena switching power supply sudah tidak normal lagi dalam bekerja, yang mengakibatkan komputer kita mati mendadak. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti power supply dengan yang baru.

3. Hardisk rusak

Hardisk merupakan hardware yang berfungsi untuk penyimpanan file pada komputer, windows dan program lainnya tersimpan dalam hardisk tersebut. Kerusakan hardisk bisa terjadi pada partisi boot yang mengalami bad sector dan akan menyebabkan sistem komputer tidak bisa membaca file yang tersimpan, maka dari itu komputer bisa secara tiba-tiba menjadi mati. Cara mengatasinya, Anda bisa menggunakan tool untuk memperbaiki bad sector atau dengan mengganti harddisk tersebut.

4. Virus komputer

Komputer yang mati mendadak juga bisa diakibatkan oleh virus yang menginfeksi file-file di dalam komputer Anda, terutama file-file pada sistem. Untuk mengatasinya, silahkan bersihkan virus tersebut terlebih dahulu menggunakan anti virus terbaik, kemudian lakukan penginstalan ulang windows agar semuanya bisa kembali normal.

5. RAM Rusak

Ram yang rusak atau konslet atau bisa juga kotor akan mengakibatkan komputer Anda mati secara mendadak. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan ram menggunakan penghapus atau Anda dapat mengganti dengan ram yang baru.

Itulah faktor penyebab dan bagaimana cara mengatasi ketika komputer Anda mengalami kerusakan yang menyebabkan komputer mati secara mendadak.
Baca juga ::   Root Samsung Galaxy J1 Sm-J100H 4.4.4 Dengan KingoRoot
Share.

Leave A Reply