Menjadi Seorang Marketing Yang Sukses

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Marketing memiliki peranan penting dalam suatu perusahaan. Kenapa? karena marketing memiliki fungsi untuk mencari, mempertahankan, mendapatkan dan memperbanyak konsumen untuk menguasai pasar.

Besar kecil jumlah konsumen tersebut yang menentukan besarnya pemasukan terhadap suatu perusahaan. Semakin besar pemasukan yang didapat maka perusahaan tersebut akan semakin berkembang.

Jika Anda merupakan seorang marketing dan ingin bisa sukses di dunia marketing, maka Anda beruntung membaca artikel ini. Anda bisa mengetaui 7 tips bagaimana cara menjadi seorang marketing yang sukses.

1. Membuat Strategi dan Target Konsumen

Buatlah suatu strategi promosi menarik yang dapat menarik minat konsumen. Contohnya, bisa memberikan ptongan harga atau diskon kepada konsumen, ada bonus yang ditawarkan setiap pembelian dengan jumlah tertentu. Bisa juga dengan membuat event khusus tentang undian berhadiah atau acara lainnya yang bertujuan untuk membangun loyalitas konsumen.

Jangan lupa untuk menentukan target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen, misalnya produk A untuk konsumen tingkat apa dan buat juga strategi dan target yang harus Anda raih nantinya. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa fokus dalam melakukan kegiatan tersebut.

2. Dapat Menguasai Product Knowledge

Cara dimana Anda dapat meyakinkan pembeli adalah dengan memberikan informasi produk secara lengkap. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai untuk menawarkan, Anda harus mempelajari mengenai produk tersebut secara lengkap agar Anda bisa dengan mudah dalam meyakinkan konsumen.

Baca juga ::   Menjadi Kaya Raya Dengan Profesi Menjual

Berikan informasi dengan jelas dan lengkap tentang apa kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya serta harga produk terhadap calon konsumen. Dengan begitu, konsumen akan semakin yakin untuk memilih produk yang Anda tawarkan.

3. Pahami Perilaku Konsumen

Sebelum Anda melakukan pemasaran suatu produk, Anda terlebih dahulu harus menentukan target pasar yang akan Anda bidik nantinya. Bisa jadi Anda membidik komunitas anak muda, ibu-ibu atau lainnya. Pastikan Anda memasarkan produk pada target pasar yang tepat. Jangan sampai Anda memiliki produk untuk kalangan atas, namun Anda menawarkannya ke kalangan bawah. Itu merupakan kesalahan fatal.

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Dengan memiliki jaringan bisnis yang luas tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis. Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan nantinya. Mulai dari peluang kerja sama dan juga dapat memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran.

Bukan hanya itu saja dengan memiliki jaringan bisnis yang luas akan mampu menyelesaikan permasalahan yang datang terhadap bisnis Anda. Dengan semakin luas jaringan bisnis yang Anda miliki, maka akan besar pula terciptanya peluang untuk mendaptkan konsumen atau pelanggan baru.

5. Perhatikan Respon Konsumen

Pasti setiap konsumen akan memberikan respon yang berbeda-beda terhadap produk yang Anda tawarkan. Jika konsumen Anda memiliki respon yang kuat, maka jangan lupa untuk mencantumkan respon tersebut sebagi bukti nyata atau testimoni. Tapi jika responnya kurang baik, maka jadikan sebagai bahan evaluasi untuk Anda.

Baca juga ::   Mengetahui Ciri-ciri Bisnis MLM Yang Bagus

6. Memiliki Sikap Optimis dan Pantang Menyerah

Dalam dunia marketing, tidak dipungkiri banyak sekali orang yang menyerah dengan tantangan yang menerpanya. Banyak tantangan dan hambatan yang besar dalam dunia marketing, seperti contoh kecilnya yaitu dikejar target atau mengalami penolakan dari konsumen .

Seorang marketing yang sukses harus memiliki mental yang kuat, optimis dan pantang menyerah. Hal ini merupakan kunci dari seorang marketing yang sukses.

Share.

Leave A Reply